Burpees

Situs Informasi Kesehatan Terkini
Apa Itu Rayap dan Apa Bahayanya Bagi Manusia?

Apa Itu Rayap dan Apa Bahayanya Bagi Manusia?

Rayap merupakan hewan kecil yang dapat menyebabkan masalah besar dalam hidup Anda. Bagaimana tidak?  Makhluk yang satu ini sering bersarang di sekitar rumah dan memakan bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu. Jika Anda sering menemukan lubang atau keropos pada pintu, kusen, atau atap, maka hewan inilah penyebabnya.

rayap

 

Meskipun Anda rajin membersihkan rumah, tidak menutup kemungkinan rayap bisa bersarang di dalam rumah. Belum di ketahui dari mana rayap berasal. Meskipun demikian, hewan yang mirip semut ini ternyata masih berkerabat dengan kecoa. Kenali rayap lebih dekat serta ketahui tanda kehadirannya di rumah Anda, sehingga bisa melakukan penanganan yang tepat sebelum terlambat.

Rayap: Kenali Hewannya, Cegah Kerusakannya

1. Apa itu rayap?

Rayap adalah salah satu jenis serangga eusosial yang masih tergolong dalam taksonomi infraordo Isoptera. Rayap juga terdapat dalam ordo yang sama dengan kecoa, yaitu ordo Blattodea. Meskipun bentuknya mirip semut, namun rayap berkerabat dengan kecoa. Terdapat banyak jenis species kecoa. Hingga saat ini, ada sekitar 3000an jenis rayap yang dikenal.

Di alam liar, rayap memakan selulosa dan sisa tumbuhan. Sebenarnya, rayap mempunyai peran yang sangat besar dalam ekosistem karena membantu proses daur ulang kayu serta sisa-sisa tumbuhan. Namun lain ceritanya jika yang diproses adalah kayu rumah Anda. Alih-alih bermanfaat, binatang ini justru membahayakan.

Bagaimana rayap bisa ada? Belum diketahui pasti darimana rayap berasal. Namun, rayap yang biasa tinggal di dalam tanah memang menjadikan kayu sebagai bahan makanannya. Karena beberapa hal, rayap kesulitan menemukan kayu lapuk di alam bebas sehingga terkadang berpindah ke rumah manusia dan merusak berbagai perabotan kayu.

2. Tanda-tanda serangan rayap

Ketika rayap mulai menyerang rumah Anda, ada beberapa tanda yang bisa terlihat. Pertama, Anda terkadang melihat rayap berkeliaran di sekitar rumah. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa rayap mulai membangun koloni di area rumah Anda. Tanda yang kedua adalah munculnya jalur yang biasanya nampak di dinding. Jalur ini merupakan jalan yang dibuat oleh rayap tanah.

Tidak hanya itu, ciri selanjutnya adalah munculnya retakan atau keropos pada kayu rumah. Bagian keropos tersebut biasanya terlihat di kusen atau perabot yang terbuat dari kayu. Yang menjadi tanda terakhir kehadiran rayap adalah jendela atau pintu tidak dapat menutup sempurna karena bentuknya yang berubah akibat dimakan rayap.

3. Cara mengatasi

Jika Anda bisa mendeteksi kehadiran rayap sejak dini, Anda bisa mengatasi dengan menyemprotkan cairan khusus pengusir rayap. Hal ini biasanya efektif pada tahap awal serangan. Namun jika rayap sudah membuat koloni di dalam rumah, maka cukup sulit untuk membasminya sendiri. Anda bisa meminta bantuan jasa pengusir rayap untuk mengatasinya. Atau jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan jasa anti rayap.

4. Pencegahan

Sebelum bersusah payah mengusir rayap dari rumah, ada baiknya Anda melakukan tindakan pencegahan sebelum terlambat. Lakukan beberapa tindakan preventif dengan cara menyemprotkan pestisida ketika masih dalam tahap proses pembangunan rumah. Dengan menyemprotkan pestisida, tanah akan terhindar dari serangan rayap. Selain itu Anda juga bisa menggunakan jasa pest control untuk mengusir hama-hama di rumah Anda.

Selain itu, penting untuk mencegah terjadinya kebocoran pipa serta saluran air. Karena rayap menyukai tempat lembab, jangan undang mereka untuk singgah di rumah Anda dengan membiarkan beberapa bagian lembab. Terlebih lagi, pastikan Anda tidak membiarkan perabot yang terbuat dari kayu untuk kontak langsung dengan tanah. Hal ini bisa meningkatkan potensi datangnya rayap ke rumah Anda.