Burpees

Situs Informasi Kesehatan Terkini
Apa sih Brankar Ambulance itu?

Apa sih Brankar Ambulance itu?

Brankar atau tandu adalah salah satu alat yang digunakan untuk memindahkan pasien yang sedang sakit atau mengalami cedera yang parah. Hampir sebagian besar orang bahkan termasuk anda pasti pernah melihat alat satu ini.

Brankar

Mungkin anda berpikiran bahwa brankar ambulance hanya ada satu jenis. Sebenarnya itu tidaklah tepat karena brankar ini terdiri dari beberapa jenis yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Sebagian dari anda pasti akan bertanya – tanya mengenai kegunaan dan perbedaan jenis tandu antara yang satu dengan yang lain. Yuk, langsung saja simak informasinya berikut ini.

Jenis Brankar dan Kegunaannya

Kira – kira apa saja jenis brankar serta kegunaannya? Berikut ini informasi secara detailnya mengenai brankar ambulance sehingga akan memberikan anda bayangan tentang jenis – jenis brankar yang tersedia di sekitar anda.

  1. Folding stretcher

Folding stretcher atau yang biasa disebut dengan brankar lipat memiliki bentuk memanjang dengan dua buah tangkai pegangan yang terletak pada kedua sisi sebelah kanan dan kirinya. Juga terdapat dua lubang atau celah yang bagian terpalnya bisa menjadi alat pegangan ketika membopong korban.

Brankar lipat ini tentunya lebih praktis dan tidak memakan tempat terlalu banyak karena jenis brankar satu ini untuk penyimpanannya disesuaikan dengan namanya yaitu hanya dengan cukup melipatnya menjadi bagian yang kecil. Selain itu terbuat dari bahan terpal dan aluminium.

Untuk anda yang terbiasa menonton pertandingan sepak bola, biasanya terdapat pemain sepak bola yang mengalami cidera ketika pertandingan masih berlangsung dan ditandu keluar lapangan. Nah, sebenarnya tandu jenis inilah yang biasanya sering digunakan untuk membopong para pemain yang terluka.

  1. Ambulance stretcher

Salah satu brankar ambulance ini digunakan untuk mentransport pasien dengan menggunakan ambulance ke rumah sakit. Memindahkan pasien itu dilakukan dengan cara mendorong tandu ambulans dan tanpa membopong pasien. Ini karena tandu ambulans mempunyai roda pada bagian bawah kaki yang mudah untuk bergeser dengan didorong. Kamu bisa lihat informasi lain di web jualkerandaambulance.com lho

Sekilas mungkin terlihat seperti tempat tidur ya. Beralas matras tipis dan rangka yang terbuat dari bahan aluminium serta roda pada kaki-kaki brankar. Sementara itu, pada bagian kepala juga bisa diatur sesuai dengan kenyamanan pasien. Juga terdapat sabuk pada sisi matras yang berguna untuk mengikat pasien agar tidak bergeser ketika proses pemindahan.

  1. Scoop stretcher

Brankar skop ini mempunyai pegangan yang membulat pada bagian ke dua sisinya. Memiliki alas berbentuk cekung. Walaupun bentuknya seperti itu, orang yang ditandu tetap dalam posisi yang nyaman. Juga dilengkapi dengan dua atau tiga strap pada bagian tengah. Fungsinya untuk menahan posisi korban agar tidak terjatuh ketika dalam proses evakuasi.

Biasanya tandu ini digunakan pada saat penyelamatan korban bencana dengan medan yang sulit untuk dijangkau dan mempunyai permukaan yang tidak datar.

  1. Basket stretcher

Biasa disebut dengan brankar basket. Memiliki bentuk seperti sebuah keranjang namun tidak terlalu dalam. Pada bagian sis lebih tinggi sedikit dibandingkan bagian permukaan alasnya. Selain itu, dilengkapi juga dengan strap untuk menahan posisi korban dan juga sebagai perlindungan ketika dipindahkan.

Cara penggunaannya yakni dengan menempatkan korban ke bagian atas permukaan tandu basket ini, kemudian mengikatkan strapnya. Biasanya tandu jenis ini digunakan pada proses pencarian atau penyelamatan korban pada daerah yang sulit untuk dijangkau.

Selain itu, juga terdapat tambahan tali pengangkut yang gunanya untuk mengaitkan pada celah – celah lubang yag terdapat disekeliling sisi tandu ini.