Burpees

Situs Informasi Kesehatan Terkini
Lampu Taman Tenaga Surya, Solusi Efektif untuk Masa Depan

Lampu Taman Tenaga Surya, Solusi Efektif untuk Masa Depan

Tenaga surya menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang mulai gencar dimanfaatkan oleh masyarakat dunia. Seiring berkembangnya isu tentang sumber energi tak terbarukan yang semakin menipis, hal ini tentu saja menjadi angin segar. Tidak heran jika semakin banyak diproduksi peralatan yang memanfaatkan tenaga matahari atau panel surya, salah satunya adalah lampu taman tenaga surya.

Lampu taman ini, sesuai dengan namanya, menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energi. Selain berfungsi sebagai sumber penerangan luar ruangan di malam hari, lampu ini juga berfungsi sebagai hiasan. Jadi, perangkat elektronik ini sangat cocok untuk mendekorasi taman, selasar, maupun kolam renang.

Lampu canggih ini mampu menangkap energi matahari kemudian menyimpannya di dalam baterai. Dilengkapi dengan panel surya pada bagian atas lampu untuk menangkap cahaya, lampu ini merupakan solusi terbaik untuk menghemat listrik. Bahkan jika cuaca sedang mendung, panel tersebut mampu menyerap sinar UV sehingga tetap mendapatkan pasokan cahaya.

Cara Kerja Lampu Tenaga Matahari

Sebagaimana telah disebutkan, lampu tenaga surya mempunyai panel khusus untuk menangkap energi matahari. Energi tersebut kemudian disimpan pada baterai yang telah terpasang. Baterai ini mempunyai kapasitas yang berbeda-beda, tergantung pada jumlah lampu. Umumnya lampu taman menggunakan baterai tipe rechargeable dengan kapasitas 300 mAH hingga 1800 mAH.

Ketika malam tiba, panel surya tidak lagi mendapatkan pasokan cahaya matahari. Kemudian energi yang telah disimpan di dalam baterai diubah menjadi energi listrik. Proses ini dinamakan sebagai proses photovoltaic. Listrik inilah yang nantinya akan menyalakan lampu taman. Kebanyakan lampu taman akan menyala secara otomatis apabila tidak ada paparan cahaya matahari.

Ultra Bright LED biasanya menjadi jenis lampu yang banyak digunakan untuk lampu taman. Jenis ini mempunyai kelebihan seperti cahaya yang dihasilkan cukup terang serta konsumsi daya yang kecil. Semakin banyak LED yang digunakan, semakin terang cahaya yang dihasilkan oleh lampu. Namun, semakin besar pula daya yang akan dihabiskan.

Cara Memilih Lampu Taman

Jika Anda sedang mencari lampu yang dilengkapi dengan solar cell untuk taman, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

1. Sesuaikan dengan lebar taman

Sebelum membeli lampu taman, penting bagi Anda untuk mengetahui lebar taman. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memilih lampu yang sesuai. Semakin lebar ukuran taman, semakin banyak pula LED yang digunakan. Tentu saja hal ini membutuhkan daya yang lebih besar. Anda juga bisa melihat disini tentang PJU Solar Cell.

2. Tentukan watt lampu

Setelah mengetahui luas taman, Anda perlu menentukan jumlah watt yang sesuai. Semisal lebar taman Anda adalah 9 meter, maka jumlah ini harus dikali 2 sehingga menghasilkan 18 watt. Untuk lampu LED, jumlah watt dibagi 3 sehingga menghasilkan 6 watt. Ini menunjukkan Anda perlu mencari lampu dengan besaran 6 watt LED.

3. Lokasi

Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah lokasi pemasangan. Tentukan lokasi yang tepat, misalnya di tengah-tengah taman atau berjajar di tepi jalan taman. Jika Anda ingin memasang lampu di dinding, maka pastikan lokasi tersebut simetris sehingga terlihat indah.

4. Atur waktu

Meskipun tersedia lampu taman otomatis yang akan menyala pada malam hari, Anda juga bisa membeli lampu taman manual. Lampu ini mempunyai saklar untuk menyalakan dan mematikan setiap saat. Untuk menghemat energi, gunakan lampu sesuai dengan waktunya. Matikan pada pagi hari dan nyalakan pada petang hari.