Burpees

Situs Informasi Kesehatan Terkini
Yuk Investasi! Kenali 5 Jenis Investasi Syariah yang Terbukti Menguntungkan

Yuk Investasi! Kenali 5 Jenis Investasi Syariah yang Terbukti Menguntungkan

Yuk Investasi! Kenali 5 Jenis Investasi Syariah yang Terbukti Menguntungkan – Investasi adalah bentuk sebuah tindakan penanaman modal atau saham usaha yang ada di dunia bisnis. Bagi seorang msulim yang patuh, terkadang mereka takut dan ragu untuk berinvestasi dikarenakan takut adanya riba. Nah, bagi Anda yang juga merasakan keraguan tersebut janganlah khawatir. 

Saat ini mulai berkembangnya investasi syariah yang di dalamnya tidak menekankan riba dan keuntungan dan resiko yang berlebihan. Anda bisa memulai investasi syariah ini dengan bergabung di beberapa lembaga atau perusahaan yang telah membentuk wadah bagi mereka yang ingin taat beragama. Meskipun Anda bukan seorang muslim, banyak sekali warga Inggris yang mengivestasikan harta mereka ke dalam portofolio investasi syariah. Berikut adalah 5 jenis investasi syariah yang bisa Anda coba.

  1. Deposito Syariah

Jenis investasi syariah yang pertama adalah deposito syariah. Investasi jenis ini merupakan penyimpanan uang dalam bentuk deposit di lembaga-lembaga syariah yang biasanya bebas dari bunga. Potongan pajak yang dikeluarkan untuk deposit syariah pun biasanya cukup rendah. Kelebihan deposito syariah adalah kejelasan yang pasti bagaimana pembagian untung, perpajakan deposit, dan segala hal yang berhubungan dengan deposito Anda.

  1. Saham Syariah

Saham Syariah adalah sebuah bentuk investasi kepemilikan pada sebuah perusahaan berbasis syariah. Anda juga bisa mencoba menggunakan jenis investasi syariah ini kedalam portofolio investasi Anda. Anda bsia mendapatkan kejelasan secara pasti siapa saja yang berhak dan menanggung resiko saham. Apabila ditawarkan ke masyarakat luasa bersifat mudharabah dan ke masyarakat kecil bersifat musyawarah. Jelasnya untuk saham syariah ini menggunakan sistem bagi hasil bagi setiap pihaknya secara jelas.

  1. Pasar Modal Syariah

Jenis investasi syariah selanjutnya adalah pasar modal syariah. Anda bisa menanamkan modal kepada perusahan-perusahaan atau bisnis-bisnis syariah. Tentunya pembagian keuntungan dan segala bentuk manajemen bisnis akan ditampakkan jelas untuk menjaga dan menanggung semua resiko bagi semua pihak. Contoh lembaga yang menyediakan layanan ini adalah Jakarta Islamic Index.

  1. Obligasi Syariah

Obligasi syariah adalah salah satu jenis investasi syariah yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam bentuk sebuah sertifikat kepemilikan sebuah aset. Untuk obligasi ini Anda bisa menanamkan aset Anda sebagai saham atau modal bagi lembaga yang berbasis syariah untuk kemudian mendapatkan keuntungan secara transparan. Obligasi syariah ini juga segala resikonya akan ditanggung bersama, bukan Anda saja selaku pemilik sertifikat aset tersebut.

  1. Reksadana Syariah

Jenis Investasi Syariah yang terakhir adalah dalam bentuk reksadana. Dan tentunya berbasis syariah. Reksadana adalah sebuah bentuk sekumpulan investor yang mengumpulkan investasi guna berjalannya sebuah usaha. Nah, untuk reksadana syariah, carilah lembaga yang menyediakan media reksadana yang berbasis syariah sehingga nantinya segala bentuk usaha yang Anda investasi bersama dengan teman-teman investor Anda memiliki sistem pembagian jelas.  Adapun larangan untuk menginvestasikan oleh reksadana ini adalah Insider trading, najasy, Bai’al Ma’dum, dan investasi lebih dari modal yang telah dikumpulkan sebelumnya. Contoh lembaga penyedia reksadana syariah ini ialah PT Danareksa.

Baca juga : Keuntungan Menjadi Dropshipper

Itulah kelima jenis investasi berbasis syariah yang bisa Anda coba masukkan kedalam portofolio investasi Anda. Tentu saja Anda bebas memilih jenis investasi mana yang sesuai dengan karakter dan tujuan Anda dalam berinvestasi. Semoga informasi ini bermanfaat.